6 Tips Aman Memilih Jasa Pinjaman Uang Online Terpercaya

6 Tips Aman Memilih Jasa Pinjaman Uang Online Terpercaya
Image source: Pixabay.com
Di zaman serba mudah dan canggih ini, masyarakat sangat dengan mudah dapat melakukan berbagai urusan. Salah satunya ialah mengenai keuangan dan sangat praktis dan mudah dikelola hanya dengan menggunakan ponsel Android atau juga IOS. Nah salah satu urusan keuangan yang zaman sekarang mudah dilakukan ialah pinjaman online. Banyak sekali bertebaran jasa pinjaman online di Indonesia, tapi kalian wajib tahu terlebih dahulu tipsnya dalam melakukan pinjama secara online agar tepat tanpa jaminan dan pastinya aman terpercaya.

Meminjam uang baik secara langsung ataupun online biasanya memerlukan sebuah jaminan, tetapi banyak orang yang mencari jasa pinjaman tanpa jaminan supaya lebih mudah dan praktis dalam mengurusinya. Tapi perlu diingat, bahwa pinjaman tanpa jaminan tetap harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku yang diterapkan pihak peminjam, baik meminjam dengan skala kecil maupun besar.

Maka pada informasi dibawah ini, kami akan memberitahukan beberapa tips yang harus dilakukan dalam mencari pinjaman online tanpa jaminan tetapi aman dan terpercaya. Simak ulasannya dibawah ini.

Tips Aman Memilih Jasa Pinjaman Online Tanpa Jaminan Terpercaya


6 Tips Aman Memilih Jasa Pinjaman Uang Online Terpercaya
Image source: Pixabay.com

1. Terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keungan)

Tips pertama ialah tips wajib yang musti kalian ikuti dan terapkan, yakni pastikan jasa pinjaman online yang kalian inginkan sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan atau disingkat OJK.

Coba kalian cek nama jasa pinjaman online yang kalian inginkan di OJK, apakah terdaftar atau tidak, karena setiap jasa atau usaha yang terdaftar di OJK akan mendapatkan jaminan bahwa jasa tersebut aman dan terpercaya. Dan sebaliknya, jika jasa pinjaman online tersebut tidak terdaftar di OJK, sudah dipastikan jasa tersebut abal-abal.

2. Syarat yang masuk akal

Tips berikutnya ialah perhatikan syarat dan ketentuan yang diterapkan jasa pinjaman online tersebut, apakah masuk akal atau tidak. Biasanya dan hampir semua jasa pinjaman online pasti memerlukan syarat wajib yakni KTP, ada juga yang memerlukan syarat lainnya seperti NPWP, atau bukti transaksi 3 bulan terakhir di rekening bank.

Sekali lagi pastikan syarat dan ketentuan yang diberikan masuk akal, jangan tergiur dengan syarat yang mudah apalagi tanpa syarat apapun, bisa-bisa jasa pinjaman online tersebut abal-abal.

3. Bunga yang transparan

Setiap jasa pinjaman online yang asli dan aman, pasti memperlihatkan rincian yang terperinci mengenai bunga yang harus kalian bayarkan dengan secara terbuka dan transparan. Artinya kalian akan mengetahui kepastian mulai dari kapan waktu jatuh tempo pembayaran, dan bahkan sampai dengan hal yang bisa menyebabkan pengambilan aset.

Dengan begitu, kalian akan tahu berapa besaran tagihan yang harus kalian bayarkan beserta bunganya, dan tidak akan naik secara tiba-tiba tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu atau perjanjian sebelumnya.

4. Memiliki kontak jelas dan situs resmi

Setiap jasa pinjaman online yang terpercaya pasti memiliki situs website resmi dan kontak yang jelas, yang artinya kalian bisa memeriksa terlebih dahulu seperti alamat dari jasa tersebut, informasi pada situs yang diberikan bersifat informatif, atau kontak yang jelas dan mudah dihubungi. Cobalah cek apakah jasa pinjaman online tersebut mempunyai nomor kantor pusat atau nomor customer service, jika tidak ada, kalian patut curiga dengan jasa tersebut.

Dengan begitu, kalian akan lebih mempercayai jasa pinjaman online tersebut dikarenakan profil jasanya yang cukup jelas.

5. Tidak ada uang muka

Aplikasi atau jasa pinjaman online manapun tidak akan memberikan syarat uang muka dalam proses pencairan pinjaman online. Yang artinya jika kalian mendapati pihak jasa mengharuskan kalian memberikan uang muka dengan berbagai alasan, sudah dipastikan jasa pinjaman tersebut abal-abal alias menipu. Itu adalah salah satu ciri paling menonjol dalam pengecekan jasa pinjaman online ini aman atau tidak.

6. Tidak meminta data pribadi dan perbankan

Biasanya pinjaman online hanya akan meminta data nomor rekening kalian saja. Jika kalian mendapati jasa pinjaman online yang mengharuskan memberitahu seperti nomor kartu kredit, nama ibu kandung, atau juga tanggal lahir, bisa dipastikan jasa pinjaman tersebut bohong alias ingin menipu.

Nah itulah beberapa tips dalam memilih jasa pinjaman online agar aman, mudah, dan terpercaya. Ingat, kalian harus benar-benar teliti dalam melakukan pinjaman online, dikarenakan sifatnya yang cukup sensitif. Maka dari itu, selalu waspada dengan hal-hal yang terjadi tidak sesuai dengan biasanya.

Semoga artikel kali ini membantu kalian yang ingin mencoba mencari jasa pinjaman uang secara online. Terima kasih sudah membaca artikel 6 Tips Aman Memilih Jasa Pinjaman Uang Online Terpercaya, semoga bermanfaat.
6 Tips Aman Memilih Jasa Pinjaman Uang Online Terpercaya 6 Tips Aman Memilih Jasa Pinjaman Uang Online Terpercaya Reviewed by Riefolg on September 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.