5 Tips Membeli Laptop Bekas Online Agar Aman

Laptop merupakan salah satu gadget yang sangat banyak digunakan orang di seluruh dunia saat ini. Laptop memiliki harga yang beragam, mulai dari yang termurah hingga yang termahal, dan setiap orang yang ingin membeli dan memiliki laptop, pasti akan memilih laptop yang bagus dan berkualitas. Tapi yang namanya laptop berkualitas, pasti ada harga yang sesuai, maka tidak sedikit orang yang membeli laptop yang berkualitas tetapi keadaannya second alias bekas.

Banyak sekali sekarang laptop second yang dijual tetapi masih bagus dan berkualitas, dan biasanya dijual secara online. Nah maka dari itu, penting sekali mengetahui tips dan trik dalam membeli sebuah laptop bekas secara online, agar terhindar dari penipuan ataupun kejahatan lainnya oleh para pedagang nakal.

Di zaman sekarang, banyak oknum penjual nakal yang suka memperjualbelikan barang atau produknya secara licik, seperti apa yang diterima pembeli beda dengan yang ada pada toko online, hal itu dikarenakan kita tidak bisa melihat langsung produk yang ingin dibeli. Maka dari itu, perlu beberapa tips yang bisa dilakukan agar kalian terhindar dari penipuan secara online, khususnya pembelian barang yang cukup mahal.

Kalian harus mengetahui ciri dari laptop bekas yang masih normal, dan perlu diketahui, banyak sekali sekarang laptop mahal yang dijual murah dan masih berkualitas. Tapi itu semua bisa didapatkan jika kalian tahu tips dan triknya.

Nah, silahkan baca informasi dibawah ini sebelum kalian membeli laptop bekas, trik ini juga bisa dilakukan jika kalian ingin membeli perangkat gadget bekas lainnya seperti smartphone, komputer, atau yang lainnya. Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Tips Membeli Laptop Bekas Online Agar Aman

5 Tips Membeli Laptop Bekas Online Agar Aman
Image source: Pixabay.com

1. Cek harga pasar terbaru

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membeli laptop bekas ialah harga pasaran. Maksudnya adalah kalian harus tahu terlebih dahulu berapa harga laptop baru dari laptop bekas yang ingin kalian beli. Biasanya laptop bekas dijual dengan harga turun sebesar 20-40% dari harga laptop baru, tergantung kondisi dan keadaan laptop.

Jika kalian menemukan harga yang lebih mahal dari itu, kalian perlu memikirkan kembali, dan juga jika harganya lebih murah daripada harga diatas, tanyakan kenapa harganya bisa semurah itu. Jangan langsung tergiur dengan harga yang murah, bisa saja itu adalah salah satu trik dalam penipuan.

2. Jangan gampang percaya

Seperti yang sudah disinggung barusan diatas, jangan mudah dan langsung percaya dengan perkataan si penjual. Kita harus bisa menelusuri terlebih dahulu apakah perkataan si penjual ini jujur atau tidak, hal ini sangat penting dilakukan dalam melakukan transaksi jual beli secara online.

Biasanya si penjual akan menutupi kecacatan dari produk yang dijual, seperti ada masalah pada tombol keyboard, atau lainnya. Nah si penjual tidak akan mengatakan itu, makanya, kalian harus bisa menelusuri apakah si penjual ini mengatakan yang sebenarnya ataukan justru berhobong.

3. Cek langsung laptopnya

Ketika sudah berdiskusi melalui toko online atau lainnya secara online. Jangan langsung memutuskan untuk membeli, cobalah ajak penjual untuk bertemu dan membawa laptop bekas yang akan dijual. Kalian harus memeriksa laptop tersebut secara langsung, mulai dari hardware dan software, baterai, intensitas cahaya, dan lainnya. Jangan langsung melakukan deal dengan penjual secara online jika kalian ingin membeli barang bekas. Maka dari itu disarankan melakukan transaksi dengan penjual yang jarak lokasinya tidak terlalu jauh.

4. Lama pemakaian dan garansi

Cobalah untuk menanyakan berapa lama penggunaan dari laptop yang akan dijual. Idealnya carilah laptop yang baru pemakaian selama 2-5 bulan, dan jangan lupa tanyakan garansi dari laptop tersebut. Tapi resikonya jika garansi masih ada, harga laptop tersebut bisa sedikit naik, itu tergantung pada kalian sebagai pembeli.

5. Utamakan CoD (Cash on Delivery)

Setelah kalian mengecek barangnya secara langsung, utamakan lakukan transaksi secara langsung atau disebut Cash on Delivery. Dan jangan lupa pastikan kalian melakukan transaksi di tempat aman dan ada keramaian, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tapi jika kalian sudah yakin dan ingin melakukan transaksi secara online, pastikan menggunakan perantara yang aman seperti Rekber, hal ini bertujuan agar kalian terhindar dari unsur penipuan.

Nah itulah dasar-dasar dan cara membeli laptop bekas secara online agar aman. Semoga dengan cara dan tips diatas, kalian bisa mendapatkan laptop bekas yang masih memiliki kualitas yang baik, lancar digunakan, dan tidak bermasalah. Terima kasih sudah membaca artikel Tips membeli laptop bekas secara online agar aman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang akan membeli laptop bekas.
5 Tips Membeli Laptop Bekas Online Agar Aman 5 Tips Membeli Laptop Bekas Online Agar Aman Reviewed by Riefolg on September 07, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.