5 Tips Dalam Menulis CV Lamaran Kerja

5 Tips Dalam Menulis CV Lamaran Kerja
Image source: mastimon.com
CV atau Curricullum Vitae lamaran kerja merupakan sebuah berkas yang harus disiapkan ketika kalian ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Fungsi atau tujuan dibuat sebuah CV ialah sebagai pengenalan atau riwayat hidup seorang pelamar kerja agar perusahaan mengetahui minimal pengalaman yang pernah dialami. Dalam pembuatan CV lamaran kerja ini banyak sekali orang yang masih salah dalam penulisan maupun isinya, padahal CV lamaran kerja salah satu penentu pelamar kerja diterima atau tidak di sebuah tempat kerja.

Kecil kemungkinan kalian akan diterima bekerja di sebuah perusahaan jika kalian melakukan kesalahan dalam pembuatan CV, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja. Maka dari itu, perlu sekali kalian mempelajari bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar, dan cari tahu juga tentang tips trik dalam pembuatan CV, misalnya dalam pembuatan struktur, tata letak, ataupun dari segi penulisan.

Nah maka dari itu, pada kesempatan kali ini, admin beritatoday akan memberikan informasi tentang kesalahan yang harus dihindari ketika membuat CV lamaran kerja. Kalian harus mengetahui apa saja yang dilarang ketika membuat CV, agar besar kemungkinan kalian diterima bekerja di perusahaan yang kalian inginkan.

Tips dalam membuat CV yang baik dan benar

5 Tips Dalam Menulis CV Lamaran Kerja
Image source: Pixabay.com

1. Hindari Mencantumkan pengalaman yang tidak sesuai/relevan

Jika kalian mempunyai pengalaman bekerja di perusahaan sebelumnya yang menurut kalian tidak sesuai dengan perusahaan baru yang kalian bidik, jangan cantumkan. Tulislah pengalaman kerja yang sesuai dengan perusahaan baru yang kalian bidik, tips ini agar pihak perusahaan merasa bahwa kalian sebagai pelamar kerja cocok bekerja di perusahaan tersebut.

2. Jangan menuliskan hobi

Sampai sekarang, banyak pelamar kerja yang mencantumkan informasi hobi mereka di CV lamaran pekerjaan. Padahal informasi hobi tidak terlalu atau bahkan sama sekali tidak dibutuhkan pihak perusahaan, mengingat kemungkinan besar hobi kalian tidak akan berpengaruh pada kinerja kalian ketika bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: Tips Mencari Pekerjaan Melalui Internet

Sebenarnya menuliskan hobi tidak menjadi masalah, tetapi bisa mengurangi kualitas sebuah CV lamaran kerja tersebut, dikarenakan informasi hobi tidak terlalu penting untuk diketahui pihak perusahaan.

3. Hindari berbohong

Kejujuran dalam bekerja adalah nomor satu, jika ketika menulis CV saja kalian sudah berani berbohong, apalagi jika nanti sudah diterima bekerja, intinya akan memperburuk keadaan di suatu saat nanti. Janganlah kalian berbohong dalam pembuatan CV, misalnya menambahkan pengalaman kerja yang sebenarnya tidak kalian pernah lakukan.

4. Jangan bertele-tele

Tuliskan atau cantumkan informasi penting saja dalam CV kalian, jangan memasukkan informasi yang tidak terlalu penting dalam CV, hal ini bisa membuat pihak perusahaan akan sulit fokus dalam melihat keterampilan dan kelebihan kalian.

Memang mencantumkan banyak informasi bagus untuk pihak perusahaan, jadi pihak perusahaan akan mengetahui tentang kalian. Tapi ingat, hal ini bisa saja menjadi boomerang buat kalian yang bisa membuat pihak perusahaan menjadi tidak suka karena kalian terlalu banyak mencantumkan informasi yang tidak terlalu berguna.

5. Hindari salah ketik, salah menulis nomor telepon atau email

Cobalah untuk berhati-hati dan teliti dalam penulisan CV, apalagi yang menuliskan CV dengan tulisan tangan. Tapi sebaiknya, tulislah CV menggunakan komputer agar hasilnya rapi dan mudah diperbaiki.

Jika sudah menulis CV, bacalah kembali dari atas sampai bawah, jangan sampai kalian salah ketik, baik itu mengenai huruf besar kecil, spasi, ataupun gelar. Hal ini bertujuan agar CV kalian terlihat rapi dan profesional.

Dan jangan lupa periksa kembali nomor telepon atau email yang kalian cantumkan di CV sebagai bentuk kontak, pastikan nomor atau email tersebut benar dan dapat dihubungi dengan mudah. Karena biasanya pihak perusahaan akan mengabari kalian melalui informasi kontak yang kalian berikan, jangan sampai salah, karena jika kalian sulit dihubungi, pihak perusahaan akan mencari kandidat lain.

Banyak kasus dimana para pelamar kerja gagal dipanggil interview dikarenakan mereka sulit dihubungi, jadi lebih teliti dalam penulisan CV.

Nah itulah informasi tips bagaimana cara menulis CV dengan baik dan benar, semoga membantu kalian dalam menuliskan CV untuk perusahaan yang kalian bidik. Semoga bermanfaat, terima kasih sudah membaca.
5 Tips Dalam Menulis CV Lamaran Kerja 5 Tips Dalam Menulis CV Lamaran Kerja Reviewed by Riefolg on September 02, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.