✓ Sejarah Singkat dan Cara Kerja CAPTCHA

Sejarah captcha
Image source: indowebhost.co.id
beritatoday.net - Pada Website zaman sekarang, pasti kalian banyak menemui momen ketika kalian ingin login, ataupun masuk kedalam wesbite yang kemanannya cukup ketat, kalian akan menemukan sebuah perintah untuk mengisi atau menyelesaikan suatu tugas. Baik itu seperti penjumlahan, menebak suatu kata, atau memilih gambar yang diperintahkan.

Nah proses tersebut bernama CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart). CAPTCHA bisa di bilang sebuah proses atau metode yang diciptakan agar bisa membedakan antara manusia atau mesin(robot).

CAPTCHA bertujuan untuk menganalisis pengguna untuk menemukan suatu kata, angka, gambar, dan gabungan simbol lainnya, yang hanya bisa dilakukan oleh manusia, dan tidak bisa dilakukan oleh mesin.

Ada beberapa bentuk CAPTCHA yang beredar dan banyak digunakan, seperti menentukan gambar yang diperintahkan, menyusun kata, angka, kombinasi simbol, dan lainnya.

Nah komputer atau mesin sangat sulit memecahkan perintah tersebut, karena hanya bisa di pahami dan dimengerti oleh bahasa manusia saja, bahkan ada CAPTCHA yang menggunakan bahasa manusia yang sangat tidak formal.

Sejarah dan Cara Kerja CAPTCHA

Penggunaan CAPTCHA biasanya ada pada menu login suatu website, pengisian formulir, polling online, dan sebagainya. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat kecurangan.

Website yang mengelola ticketing juga biasanya menggunakan sistem CAPTCHA pada websitenya, agar tidak terjadi kecurangan dalam pembelian ticket secara besar-besaran.

CAPTCHA juga bisa mengatasi merajalelanya para Bot yang bisa melalukan spam komentar atau lainnya pada suatu blog atau website.

Baca juga: Perbedaan Blogspot dan Wordpress

Kata CAPTCHA pertama kali diperkenalkan oleh Alan Turing, yakni Bapak Komputer Modern, di Universitas Carnegie pada tahun 2000.

Alan Turing melakukan sebuah test untuk melihat apakah robot atau mesin dapat menyelesaikan pertanyaan layaknya seorang manusia. Nah seorang yang menanyakan akan bertanya pada dua partisipan, yakni manusia dan mesin.

Sistemnya seperti ini, para penanya tidak akan mengetahui yang mana partisipan mesin dan mana yang partisipan manusia, nanti ketika dua partisipan ini sudah menjawab pertanyaan dari penanya, si penanya harus menebak mana jawaban dari sebuah mesin.

CAPTCHA biasanya menggunakan simbol gambar pada prosesnya, hal itu dikarenakan mesin lebih lama memproses dari sebuah gambar daripada sebuah text.

Para penyedia CAPTCHA saat ini cukup banyak, kalian bisa menggunakan jenis CAPTCHA yang menurut kamu paling aman, kalian juga sebenarnya bisa membuat CAPTCHA sendiri, tetapi disarankan menggunakan CAPTCHA dari website atau perusahaan besar seperti reCAPTCHA dari Google.

Nah teman-teman itulah penjelasan singkat tentang CAPTCHA, semoga penjelasan diatas memberi kalian sedikit ilmu, dan mungkin bisa memimplementasikannya pada website ataupun blog kalian agar semakin aman kedepannya.

Sekali lagi terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa share ke sosial media kalian ya. Terima kasih.
✓ Sejarah Singkat dan Cara Kerja CAPTCHA ✓ Sejarah Singkat dan Cara Kerja CAPTCHA Reviewed by Riefolg on Agustus 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.